12 Jenis Makanan Khas Aceh Wajib Di Coba Saat Liburan




Aceh, wilayah khusus di ujung barat laut pulau Sumatra Indonesia. Untuk mengexplore destinasi mengeliligi Aceh hingga ke Pulau Sabang, Bisa anda gunakan Paket tour Aceh dengan fasilitas lengkap dan harga murah di pesan melalui  Travel agen lokal. Biasanya diakui sebagai berikut: tsunami, hukum syariah, masjid, penyelaman luar biasa di pulau Weh dan kopi Gayo. Namun, Anda mungkin tidak menyadari hal itu, permata daerah ini juga merupakan rumah bagi beragam kuliner yang kaya rasa dan bercitarasa bibir. Setelah Anda melangkah di Aceh, jangan lupa untuk mencoba 11 makanan lokal yang luar biasa ini dan nikmati perpaduan rasa gurih, pedas, dan manis di mulut Anda.

Berikut 12 Makanan Terbaik Di Banda Aceh Wajib Di Coba.

1. Sie Kameng

Sie Kameng, yang dikenal sebagai Gulai Kambing (dalam bahasa Indonesia) atau kari daging kambing, memiliki rasa dan keasinan yang sangat khas. Dibandingkan dengan hidangan kari khas lainnya di Asia, saus berwarna cerah di Aceh yang top-rated ini menonjolkan tekstur daging domba (atau daging kambing). Selain itu, proses memasak yang unik menggunakan kuali di atas api besar dan bumbu seperti adas bintang dan daun temurui adalah apa yang membuat hidangan ini begitu spektakuler.

2. Gulai Kambing Pak. Ahmad

Lihat daftar lengkap hotel kami yang direkomendasikan di Banda Aceh  dan juga membandingkan harga dengan airbnbs di Banda Aceh

3. Mie Aceh

Keinginan untuk mie tradisional? Jangan lewatkan menyeruput Mie Aceh yang lezat. Mie kuning tebal sangat cocok dengan kaldu sapi yang kaya, irisan domba dan tauge. Ada dua cara menyajikannya - goreng atau pekat. Rasa yang kuat berasal dari bumbu kunyit, kardamon, jinten, dan merica. Hidangan ini selalu ditemani dengan bawang goreng, kerupuk udang, jeruk nipis dan irisan mentimun.

4. Mie Razali

Lihat daftar lengkap hotel kami yang direkomendasikan di Banda Aceh  dan juga membandingkan harga dengan airbnbs di Banda Aceh

5. Sate Matang

Aceh juga memiliki versi sendiri dari kebab atau daging panggang di tusuk sate. Di beberapa bagian Asia, ini disebut sebagai sate, tetapi di Aceh, penduduk setempat menyebutnya sate matang. Daging kambing yang dipotong direndam dengan banyak bumbu seperti ketumbar, kacang kemiri, dan serai. Ini kemudian dipanggang di atas arang yang terbakar. Untuk menikmati hidangan ini, celupkan saus manis yang terbuat dari kacang, bawang putih, daun salam, kayu manis, santan, kecap, dan cabai kering.

6. Sate Matang

Sate yang berfariatif dengan rasa yang maknyos.

7. Roti Jala dan Kari Ayam

Roti Jala dan Kari Ayam bagaikan teman yang tak terpisahkan. Roti Jala adalah jenis pancake berbentuk jaring yang terbuat dari tepung dan santan. Di sisi lain, Kari Ayam, atau kari ayam Aceh, memiliki tekstur yang sangat tebal dan warna jeruk keprok yang cerah. Ayam itu direbus dengan bumbu berlimpah seperti adas bintang, kapulaga, kayu manis, daun kari dan lengkuas, rimpang jeruk dari keluarga jahe.

8. Canai Mamak KL

Roti yang lezat dengan rasa yang unik dan membuat anda semakin penasaran.

9. Ayam Tangkap Aceh

Jika Anda tidak bisa pergi tanpa makan ayam ke mana pun Anda pergi, Ayam Tangkap yang lezat (ayam yang ditangkap) akan menjadi hidangan yang harus Anda coba setidaknya sekali. Ayam goreng lokal disajikan secara unik dengan aromatik, sayuran goreng seperti kari dan daun pandan. Ayam potong dadu dimasak dengan kunyit, bawang merah, jahe, bawang putih dan air asam, kemudian digoreng sampai renyah.

 10. Pliek U

Vegetarian pasti harus mencicipi Pliek U, resep legendaris yang diwariskan oleh nenek moyang kita. Bahan utama pada dasarnya adalah ampas minyak kelapa tua. Ini ditambahkan dengan bahan-bahan seperti daun melinjo, kacang panjang, nangka yang belum matang, terong dan udang. Semua itu kemudian direbus dengan santan dan bumbu halus.


11. Asam Keueng

Jika Anda menginginkan perpaduan pedas dan asam yang eksotis, Asam Keueng akan memuaskan lidah Anda. Ikan laut ditumis dengan bawang merah dan bawang putih, kemudian air ditambahkan bersama dengan tomat hijau segar, jeruk nipis, belimbing wuluh (rempah-rempah belimbing dengan keasaman tinggi) dan bumbu halus yang terdiri dari daun kunyit, cabai dan jeruk purut.


12. Martabak Aceh

Martabak Indonesia adalah jenis makanan jalanan - pancake dengan kulit dan telur yang mengembang. Namun, martabak Aceh mengedepankan hal itu - pertama-tama Anda akan mencicipi telur sebelum sampai ke kue kering yang renyah. Campuran telur terdiri dari bawang, udang, ayam, telur, seledri dan daun bawang. Sebelum menggigit, Anda harus menambahkan beberapa cabai hijau dan acar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Pecinta Gula Bagi Kesehatan

Cara Mencari Liburan Menyenangkan Untuk Keluarga

Gunakan Rental Mobil Di Padang Saat Berwisata Ke Sumatra Barat